Sabtu, 02 Oktober 2010

Bonek Terlibat Tawuran Dengan Deltamania

Beberapa pendukung Persebaya, yaitu Bonek alias Bondo Nekad terluka setelah terlibat tawuran dengan Deltamania, pendukung kesebelasan Deltras Sidoarjo, usai pertandingan Deltras dengan Persib Bandung di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur (Sabtu, 2 Oktober 2010). Lucunya, yang bertanding hari ini adalah Deltras Sidoarjo vs Persib Bandung, tetapi para bonek sengaja datang bergabung dengan suporter Persib Bandung di dalam stadion.

Tawuran terjadi setelah pertandingan Deltas melawan Persib yang dimenangi Deltras dengan skor telak 4-1. Menurut beberapa saksi, empat bonek yang naik dua sepeda motor terjebak di kerumunan suporter Deltras, Deltamania. Bahkan dua sepeda motor milik bonek tersebut nyaris dibakar suporter Deltras. Untungnya polisi langsung mengamankan dua bonek tersebut.

Sebenarnya, aksi anarkis para bonek sudah mulai terasa saat di dalam stadion. Mereka yang bergabung dengan pendukung Persib berbuat keributan saat mengetahui Persib kalah 4-1 oleh Deltras. Pagar stadion bahkan roboh akibat aksi anarkis bonek. Para anggota polisi segera diturunkan ke tengah tribun untuk mengamankan situasi. Kericuhan tersebut kemudian berlanjut di luar stadion usai pertandingan.

Sebetulnya, 'permusuhan' antara bonek dengan deltamania ini sudah tercium sejak bulan puasa kemarin, tepatnya ketika masih digelar piala gubernur Jawa Timur alias Liga Jatim. Saya sendiri melihat di dalam stadion Gelora Delta Sidoarjo terjadi saling ejek antara suporter Persebaya dengan Deltras waktu itu. Dan ini berlanjut hingga di luar stadion, bahkan di forum-forum dunia maya dan jejaring sosial pun dua suporter ini saling menghina dengan mengeluarkan kata-kata kasar yang tak pantas.

Hari ini, Deltras Sidoarjo vs Persib Bandung adalah pertandingan yang sangat ditunggu publik Sidoarjo. Saya hadir di stadion dengan sepupu saya yang masih berusia 10 tahun. Saya hadir di stadion setelah shalat Maghrib, ternyata supporter begitu membludak. bahkan di depan stadion sebelah barat supporter Bonek yang bergabung dengan Viking sudah membuat ulah. Melihat hal semacam ini, saya tidak mau mengambil resiku, memilih tempat yang aman. Saya pun membeli tiket VIP yang harganya waktu itu Rp. 40.000,-

Di tribun VIP ternyata saya duduk bersama para mantan pemain Deltras seperti Roberto Kwateh dll, juga dengan beberapa pemain yang tidak lolos seleksi oleh manajemen deltras, dan termasuk kapten tim Deltras yang terkena hukuman kartu merah ketika melawan Sriwijaya FC, yakni Fahmi Amiruddin. Supporter Bonek dan Viking duduk di tribun ekonomi sebelah utara.

Dari tribun VIP, saya mendengar berbagai yel-yel masing-masing tim. Tetapi anehnya, yel-yel dan nyanyian yang dikumandangkan oleh supporter Deltras seakan kalah dengan suara gemuruh nyanyian kolaborasi Viking-Bonek. Namun yang saya cermati nyanyian mereka (Bonek-Viking) adalah nyanian-nyanyian yang biasa berkumandang di Gelora Sepuluh Nopember Surabaya. Itu artinya bahwa Boneklah yang mengkoordinasi mereka.

Tidak lama setelah pertandingan dimualai, saya mendengar nyanyian rasis. Entah dari tribun mana yang mulai duluan, yang jelas saya mendengar kelompok Bonek menyampaikan nyanyian bernada menghina dengan memaki menggunakan kata kotor "mesoh". Tidak lama kemudian, kelompok Deltamania pun membalasnya dengan kata-kata kotor pula. Dari situlah perang nyanyian dimulai.

Puncak kerusuhan di dalam stadion ketika Deltras menjebol gawang Persib yang dinilai oleh offisial Persib dan juga supporter Viking-Bonek sebagai gol yang tidak sah karena mengandung unsur offiside, padahal wasit mengesahkannya sebagai gol. Dari sini Bonek Marah. Pagar yang ada dalam stadion di dorong dan ditendang hingga ada beberapa bagian yang roboh. Polisi bereaksi dengan menambah kekuatan pasukan anti huru-hara.

Suasana dalam stadion terkendali hingga pertandingan usai. Bonek-Viking keluar stadion dengan kawalan ketat dari aparat kepolisian. Namun setelah mereka keluar dari area stadion, terjadilah sedikit kerusuhan. Saya sendiri tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi. Saya hanya tahu beritanya ketika melihat kabar di Metro TV, juga internet bahwa terjadi pemukulan terhadap beberapa supporter bonek.

Kejadian seperti ini harus diantisipasi agar tidak lagi terjadi dimasa yang akan datang. Bonek-Deltamania yang terlanjur memanas harus bertemu untuk membicarakan 'perdamaian' sebelum ada korban yang lebih banyak lagi. Bravo supporter indonesia, bravo sepakbola Indonesia..

34 komentar:

Anonim mengatakan...

ga slh ta yg kenak pukulan tuh anak delta hinga bocor,,,,
mas jgn blng lc kl bonek dtng ke sidoarjo krn bonek viking sama saja asal jgn aremaleng n deltaek!!!!!
DELTA DIAM MEMALUKAN BERGERAK KETAKUTAN
By;BONEK SEJATI

DELTA MANIA REDPOSSEIDON mengatakan...

MAS KLO D FORUM JG BKIN PROVOKASI.PENGEN G SEPAK BOLA NEGARA KITA MAJU SEPERTI DI LUAR NEGERI.KITA SEMUA SODARA SATU HATI NEK GAK BONEK SENGGARAI DELTA YO G NYERANG COK...............
SENENGANE GAWE KESRO LIGA AE RAIMU IKU
BONEK MBOKNE ANCOK.................

delta mania probolinggo mengatakan...

PERSEBAYA DEGADRASI KESROH , ISL KESHROH . GAK ISO TA.. BONEK GAK NGGARAI MASALA AE . BONEK KU SAMPAE INDONESIA .
DELTRAS OWOWOW DELTRAS
BONEK JANCOK PASTI MATI

Anonim mengatakan...

sam sing maling iku guduk AREMA tapi bonek jancok iku.. nyata ne bonek sing jarah, ngrampok, maling dek seketariat deltamania ngrusak pisan..
bonek harus mati..
Salam Satu Jiwa Arema Indonesia

By : Aremania sampe mati

Anonim mengatakan...

Mbahku bilang... dari doeloe... Bonek itu jancokkkkkkk...
maling.. biadap... anjing.. asu...

Deltrasmania Aremania... satukan Jiwa.. hapus Bonek dari muka bumi ini... hapus bonek di Bumi SIDOARJO....

majukan suporter Indoenesia no brutal.. no anarkie.. no BONEK.. no VIKING... ANJING...
salam satu jiwa AREMANIA

Anonim mengatakan...

Bonek dibenci suporter lain karena kelakuannya sendiri..
Andai saja Bonek itu bisa santun dimanapun mereka berada, maka mereka akan dihormati, karna mereka kelompok suporter tertua di jawa timur ini.

MONOK mengatakan...

BONEK VIKING 1 HATI
DELTAEK JANCOK SEPORRTER SECK SITIK AE BONGGOL TAK OBONG GOR NGAK DUWE STADION KAPOK KUND THOK
BONEK VIKING 1 HATI
DELTA AREMA JAK PASOPATI SLEMANIA MBOKNE JANCOK

deltamania gedangan mengatakan...

b0nek jjjjjaaaaaannccccccc000000000kkkkkk

bonek kediri mengatakan...

wes tah deltras iku marine kelelep lumpur ojo kakean polah nek iso jaluk sepuro nang BONEK supporter sng paling tuo,mneh nek sidoarjo ez dadi laut arep ngungsi nang ndi koen,nang malang tah...gak kiro COK ASU WEDHUZ malang iku sak ipet,sng pasti koen2 delta anyaran sng MBOKNE ANCOOOK...ojo ngidek lemah suroboyo hukume HARAM!!!

PERSIK MANIA mengatakan...

koen delta anyar bar dikisruh arema ealah saiki melok arema,opo,o sayang wedi yo polae kalah akeh tah???? hwahahaha DELTAEK BANCI

RUDY PERSIK mengatakan...

AKU AREK KEDIRI SIAP MATI DEMI BONEK,NEK CUMA AREMA IKU SAK PUCUK'E TAEK KUCINK PO MNEH DELTA2 ANYAR SNG KAKEAN AREK GAK SKOLAH & JAGO ADU DOMBA GAK KOYOK BONEK BONDO NEKAT...DELTA ANYARAN DIBUNUH SAJA!!!

AGUS BONEK SIDOARJO mengatakan...

TAK KANDANI YO DAERAH BUDURAN SAMPE WARU GAK ONO SNG MELOK DELTRAS,KABEH IKU BONEKMANIA...NEK ONO SNG NGAKU2 GAWE JENENG BONEK GEDANGAN,WARU,BUDURAN,ALOHA IKU PALSU MAS CZ AKU KETUA BONEK SIDOARJO!!!! HIDUP BONEK SAMPE KIAMAT

bonek waru never die mengatakan...

delta TAEEEEEEK
ayemania TAEEEEK
la mania TAEEEEEK
pasoepati TAEEEEK
gak isin koen supportermu glem diatur ayemania,koen duwe kuto,duwe tim deltras sng saiki yah lumayan akeh lah timbangane gak ono blas...iku nek iso urip dw ojo ngglandot kyok pucuk'e taek,gayane mlok bonek tp wedi nang aremania supporter opo iku jenenge nek gak supporter taek kucink??!!

BRAVO ULTRAS GRESIK mengatakan...

delta iku duwe opo wong sego mateng keplok2,ONOK lumpur ae bingung podo ngungsi nang SBY,deltaek2 anyar iku lali nek dulur2e kelelep nang porong,po mneh delta kutoan iku wuiiih amit2 jabang bayi podo sidorjone tp mikiri awak'e dw sampe2 gak tau sng jenenge mbesuk po mneh nyumbang lah kok saiki bonek dituduha njarah delta yo gak mgkinlah tp nek ngajurno deltaek2 anyaran komplotane arema iku HARUS & HALAL HUKUME JEEEH,melek'o?cok koen iku sopo,duwe opo!!!

Anonim mengatakan...

bonek rai koyok empek ae gaya kon nang bumiiki uku mek guaan cok.. ojok ngarai kesroh ae

bonek
persik
ultras
kediri

podo ae raini jancukan koyok tempekkk

Anonim mengatakan...

Ojo rame-rame ae rek.....
ayo mulai lembaran baru, damai ae wesss..
damai itu indah,, sumpah iyo..

Anonim mengatakan...

hari gini komentarnya kayak gak pernah sekolah yang diatas itu. surabaya kota pahlawan ya mbok jangan mencoreng muka para pahlawan kita

Anonim mengatakan...

cok g onok damai antara arema karo bonek...
sampek matek sampek tuek...
suroboyo anti karo sing jeneng,e arema...
arek sidoarjo iku melok" tok ae...
jek piyek benyak ocak...
lak sidoarjo wes kelem banjir gara" porong raimu arep ngungsi nak endi cok,,,,
lak g nak suroboyo,,,
g kiro raimu ngungsi nak malang...
deltras arema mbok ne ancok...
patek krembun torok...
salam bonek madura..

Anonim mengatakan...

JANGAN BERANI NYA CUMA DI POSTING HEH DELTAI MASUK BANDUNG MATI KALIAN OTAK UDANG

DELTAMANIAREMANIA mengatakan...

NGOMONG TAEK KABEH
JANCOK BONEK VIKING , BAKAR AE SUROBOYO SAK BAJULE

VIKING BANDUNG mengatakan...

BONEK ANJING BONEK TAI BONEK SENDAL BENCONG
MATI AJA LOE



by : VIKING BANDUNG

VIKING KARAWANG mengatakan...

KITA MENYESAL BERSAUDARA GENGAN BONEK
JANGAN MAU BERSAUDARA DENGAN BONEK
KARNA BONEK ITU SAMPAH MASYRAKAT

MATI AJA LOE BONEK TAI BANGSAT

Anonim mengatakan...

HANYA ORANG GUOBLOK/ORANG UTAN YANG NGAKU BONEK SIDOARJO,BONEK BUDURAN,BONEK WARU. BONEK IKU DUWEKE WONG SUROBOYO. NEK WONG SIDOARJO IKU YO DELTRAS GOK!

Anonim mengatakan...

sidoarjo yo sidoarjo,suroboyo yo suroboyo! nek onok wong sidorjo ngaku bonek iku jenenge wong guoblok sak kabupaten. delta mania tanpa bonek lebih tentrem. kerjo"o bonek cek"e bondo duek gak bondo nekatokae,nyusahno wong akeh.

Anonim mengatakan...

kita warga sidoarjo seharusnya menghormati & menghargai bonek yang ingin persebaya tampil d ISL sampe2 ngungsi nontok ISL nang sidoarjo,ato jgn2 bonek kepingin nongol d tv!?(bonek ndeso} kasihaaaan deh elo bonek

Anonim mengatakan...

jakarta-persija-the jack
bandung-persib-vicking
surabaya-persebaya-bonek
solo-persis-pasoepati
kediri-persik-persikmania
malang-arema-aremania
SIDOARJO-DELTRAS-DELTAMANIA
GAK ONOK CAK,MAS,GOK,BROTHER BONEK SIDOARJO IKU!BONEK SDRJO IKU WONG SUROBOYO SING NGGOLEK MBADOK NANG SIDOARJO,NANG SUROBOYO GAK D AKONI, NANG SIDOARJO OPO MANEH!

Anonim mengatakan...

bonek keleng lumut cok, nggilani! Delta Mania gak wedi blas karo ijoe suroboyo! bonek diam nggilani, bergerak nyolong gorengan!


SAVIDI

Unknown mengatakan...

the jak pasopati delta mania, arema Malang pss Seleman,di mana2 kita sidara asl jgn Bonek dan viking itu anjing,tukang mling gorengan di stasion,musuhnya banyak,Bonek viking jancokkkkkkkk sampeaannnn,Budak viking gelo sia anjing bgsatt,tukang ojekk kemana,manaa pke hlm,

Anonim mengatakan...

Bonek delta sudah damai bro..
sekarang bersaudara...

Unknown mengatakan...

jancok kabeh


by : Reggae Indonesia

Unknown mengatakan...

jangan ngaur kalau gatau jangan ngomong, aku loh tau kuni sejarah nya by:Delta cyber

Anonim mengatakan...

Kakean cocot kabeh. Gak usah main kroyok.. Lak wani ijen" Tarung derajat TeLes-Telesan ae..., salah satu orang Bonek duel di sidoarjo dan aku arek sidoarjo duel dikota pahlawan yg dlu disanjung" tp skr pahlawan mangan berjuang mangan sampek nyolong". Buyut,embah,nenek-kakek lak sekkk urippp.. Yo isin ndelok kelakuanmu seng mentingno awak dewe.. Lak wedih mati keluwen mending ngemiss atau dodolan ae koyok bencong muleh subuh. Tk enteni wani opo gak duel nak kota ehh wong, aq wani teko ijen nak kotamu asal jgn kroyok duell... 1 lawan 1 teles"an. Aq relah mati demi kebenaran. Duduk teko asal kelahiranku atas namaku dewe

Unknown mengatakan...

Walah jancok kabeh kecuali bonek sak dolor".e,bonek aslinya satu hati dengan delta buktinya pada saat timnas u 19 banyak suporter yang beratribut delta dengan sall bonek viking dan sebaliknya.dan lagu yg paling banyak di kumandangkan yaitu bonek delta kita saudara.

Anonim mengatakan...

Jgn pada berkelahi, kita Indpnesia hrs bersatu. Jgn mau klh sama yg lain, cuma gara" sepak bola. Menang kalah sama aj.


Intinya Kita Semua Satu Hati. Damai itu indah. Hidup Indonesia

Posting Komentar